1.
Frank Jefkins
Public Relation adalah semua bentuk komunikasi yang
terencana, baik itu kedalam maupun kelua, antara satu organisasi dengan semua
khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada
saling pengertian’ (Public Relations, Frank Jefkins Revisi Daniel Yadin. 2002
hal 10).
2. Public Relation adalah kelanjutan dari proses
pembuatan kebijaksanaan, pelayanan, dan tindakan bagi kepentingan terbaik dari
suatu individu atau kelompok agar individu atau lembaga tersebut memperoleh
kepercayaan dan goodwill dari publik. (Dasar-dasar Public relation, Drs. Soleh
Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si, 2007, hal.12)
3.
Edward
L.Berney
Public
Relation adalah membujuk publik untuk memiliki pengertian yang mendukung serta
memiliki niat baik. (Everything you should know about public relations,2003
hal.6)
4. Public Relation adalah suatu sistem komunikasi
untuk menciptakan kemauan baik. (Dasar-dasar Public relation, Drs. Soleh
Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si, 2007, hal.13)
5. J.C., Seidel,
Public
Relation adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha manajemen untuk
memperoleh goodwill dan pengertian dari pelanggan, pegawai dan public yang lebih
luas. Kedalam mengadakan analisis dan perbaikan diri sendiri, sedangkan keluar
memberikan pernyataan-pernyataan. (Dasar-dasar Public relation, Drs. Soleh
Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si, 2007, hal.12)
6. Public Relation adalah falsafah manajemen yang
didalam tiap keputusan dan tindakannya mendahulukan kepentingan orang lain.
(Dasar-dasar Public Relation, Oemi Abdurrachman,MA, 1986 hal 27)
7. Anthony Davis
Public Relation adalah manajemen komunikasi antara suatu organisasi
dengan publiknya. (Everything you should know about public relations,2003
hal.3)
8.
Menurut (British) Institute of Public Relation
(IPR)
Public Relation adalah keseluruhan upaya yang dilakukan
secara terencana dan berkesinambungan dalam menciptakan dan memelihara niat
baik (good-will) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap
khalayaknya’. (Public Relations, Frank Jefkins Revisi Daniel Yadin. 2002 hal 9)
9. Public Relation adalah suatu fungsi manajemen yang
menilai sikap publik, menunjukan kebijaksaan dan prosedur dari individu atau
organisasiatas dasar kepentingan publik dan melaksanakan rencana kerja untuk
memperoleh pengertian dan pengakuan dari publik. (Hubungan masyarakat Dan
Konsep Kepribadian, Drs. Muslimin, M.Si, Tahun.2000, Hal.2)
10.
Dr. Rex Harlow.
Public Relatoin adalah fungsi manajemen yang khas dan
mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan
publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi, pengertian dan kerja sama. (Public
Relation, Frank Jefkins Revisi Daniel Yadin.2002 hal 16)
11. Public Relation adalah komunikasi yang dilakukan
suatu organisasi dengan orang-orang yang berkepentingan, guna untuk mendapatkan
perhatian mereka dengan cara menguntungkan.(Everything you should know about
public relations, Anthony Davis, 2003 hal.3)
12. Public Relation adalah profesi yang mengurusi
hubungan antara sesuatu unit dan publiknya yang menentukan hidup unit itu.
(Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat, Prof.Drs. H.A.W. Widjaja, Tahun. 2002,
Hal. 54)
13. Public Relation adalah suatu sistem komunikasi
untuk menciptakan kemauan baik. (Dasar-dasar Public relation, Drs. Soleh
Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si, 2007, hal.13)
14. Public Relation merupakan bidang atau fungsi
tertentu yang diperlukan oleh setiap organsasi, baik itu organisasi yang bersifat
komersial(perusahaan) maupun organisasi yang nonkomersial.(Teori Dan Profesi
Kehumasan, M. Linggar Anggoro, 2000 hal 1)
15. Public Relation adalah fungsi manajemen dari ciri
yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik
(umum) untuk memperoleh pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang
terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik diantara
mereka. (Dasar-dasar Public relation, Drs. Soleh Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro
Ardianto, M.Si, 2007, hal.14)
16. Public Relation adalah salah satu bidang ilmu
komunikasi pada suatu organisasi/ perusahaan dalam melaksanakan fungsi
manajemen. (Dasar-dasar Public relation, Drs. Soleh Soemirat, M.S, Drs.
Elvinaro Ardianto, M.Si, 2007, hal.)
17. Public Relation merupakan fungsi menejemen yang
membantu menciptakan dan saling memelihara alur komunikasi, pengertian,
dukungan, serta kerjasama suatu organisasi/ perusahaan dengan publiknya dan
ikut terlibat dalam menangani masalah-masalah atau isu-isu manajemen.(Dasar-dasar
Public relation, Drs. Soleh Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si, 2007,
hal.13)
18. Public Relation adalah suatu seni untuk menciptakan
pengertian publik yang lebih baik, yang dapat memperdalam kepercayaan publik
terhadap suatu individu atau organisasi/ perusahaan. (Dasar-dasar Public
relation, Drs. Soleh Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si, 2007, hal.12)
19. Public Relation
yang modern adalah suatu rencana tentang kebijaksanaan dan kepemimpinan
yang akan menanamkan kepercayaan publik dan menambah pengertian mereka.
(Dasar-dasar Public Relation, Oemi Abdurrachman,MA, 1986 hal 26)
20. Public Relation merupakan suatu usaha yang secara
sadar memotivasi agar orang-orang terpengaruh, terutama melalui komunikasi agar
timbul pikiran yang sehat terhadap suatu organisasi, memberi rasa hormat,
mendukung dan bertahan dengan berbagai cobaan dan masalah. (Dasar-dasar Public
relation, Drs. Soleh Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si, 2007, hal.13)
sangat membantu sekali...makasih :)
BalasHapusWAH berguna ini..
BalasHapussangat mendukung sekali buat org2
BalasHapusthank's Infonya..
BalasHapusSIP BANGET,,,,
BalasHapusdisini juga lengkap kak tentang definisi public relation semoga membantu
BalasHapus