Jumat, 11 Mei 2012

unsur-unsur Film

Film adalah pertunjukan yang ditayangkan melalui media media layar lebar ataupun layar kaca. Adapun unsur-unsur pokok film antara lain:
1. Penulis Skenario
Penulis skenario adalah orang yang membuat skrip naskah film, secara mendetail sehingga semua unsur yang terlibat dalam pembuatan film bisa menerjemahkan tugas-tugasnya dengan optimal. Karena dalam skenario harus rinci dan jelas segala bentuk lakuan-lakuan yang harus dilakukan oleh aktor/aktris.
2. Sutradara
Sutradara berperan sebagai pemegang pimpinan dalam pembutan film dari awal hingga akhir. Sutradara bertanggung jawab atas pengarahan selruh proses pembuatan film.
3. Aktor/aktris
Aktor/aktris merupakan pemain dalam sebuah film beserta selruh lakuan/aktingnya.
4. Juru kamera
Tugas dari juru kamera adalah mengambil gambar dalam proses pembuatan film. Gambar diambil tentunya atas dasar skenario dan arahan dari stradara yang merupakan pemimpin dalam dalam proses pembuatan film.
5. Penyuntingan (editing)
Editing adalah proses penyusunan gambar-gambar film yang dilakukan oleh seorang editor. proses editing dilakukan setelah selruh proses pengambilan gambar/film selesai dari awal hingga akhir.
6. Penata artistik
Penata artistik terdiri atas penata suara, busana, rias dan setting. Tentu saja penata artistik juga harus dapat mengaktualisasikan apa yang diinginkan oleh tuntutan skenario.
7. Produser
Produser merupakan orang yang membiayai selruh pembuatan film sampai dengan promosi dan pemasarannya.
Sistematika Resensi Film
a. Pendahulan
- Judul Film :
……
- nama Sutradara :
…….
- Prodser :
..
- Penulis Skenario :
……
- Pemain :
…….
b. isi Resensi
Isi resensi film meliputi alur cerita, pembahasan karakter aktor dan aktris, sutradara, skenario, editing, dan tata artistik.
c. Penutup
berisi simpulan mengenai kelebihan dan kelemahan film dan juga pendapat dari penulis resensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar