Jumat, 11 Mei 2012

kampanye dan Propaganda

Pengertian Kampanye
Apa yang di maksud dengan kampanye adalah :
1.     Secara etimologis “ kampanye ” berasal dari bahasa perancis campagne yang di duga terambil dari bahasa Italia Champagne – yang berarti lapangan, operasi militer- itupun terambil dari bahasa Latin Champagne yang di turunkan di daerah sekitar Napoli berarti terbuka, medan perang, atau lapangan, yang dalam perkembangannya bermakna :
a)    Serangkaian operasi militer yang membentuk satu fase tersendiri dari suatu perang.
b)   Suatu operasi yang di rancang untuk menghasilkan sesuatu yang mudah di tentukan. Sinonim dari kampanye adalah, Crusade, Drive, push (mendorong). (merriam- webster-corporated)
2.    Kampanye dapat di artikan sebagai sejumlah operasi militer untuk melengkapi suatu operasi yang lebih besar yang bertujuan untuk mencapai cita-cita tertentu yang biasanya di batasi oleh waktu atau wilayah geografis tertentu.
3.    Kampanye adalah perlombaan diantara para kandidat untuk merebut suatu jabatan, misalnya kampanye untuk menjadi gubernur, Bupati, dan kepala Desa.
Tujuan Kampanye :
Kampanye merupakan kegiatan komunikasi publik yang dilakukan secara berencana yang bertujuan untuk :
1.     Memobilisasi dan melibatkan orang-oranguntuk terlibat dalam menyebarluaskan informasi teretulis melalui media atau media tidak tertulis (langsung dengan publik) untuk mencegah dan memdorong sikap individu atau publik untuk melakukan dfan tidak melakukan suatu tindakan  tertentu demi kesejahteraan individu maupun publik pada umumnya.
2.    Memberikan tekanan kepada para pemegang kekuasaan atau kemenagan dari para pembuat keputusan (pressurising decision makers) untuk mencari solusi yang bermanfaat bagi kesejahteraan individu atau publik pada umumnya.
3.    Menginformasikan dan memberikan pendudukan kepada individu atau publik.
4.    Melakukan perubahan terhadap perilaku dan sikap demi kesejahteraan hidup.
5.    Mempersuasi orang-orang utuk mengerti, memahami, dan melakukan suatu tindakan tertentu.
Strategi Kampanye
1.     Strategi umum
a)    Analisis masalah
b)   Tujuan dan sasaran
c)    Stakeholders
d)   Pesan
e)   Taktik
f)    Siapa pengirim pesan
g)   Sumberdaya
h)   Assessment
2.    Model The Midwest Academy dan The democtracy Centre
a)   The Midwest Academym,  mengusulkan perencanaan kampanye yang sederhana yang di tampilkan dalam bentuk tabel dan kolomyang harus di isi dengan unsur-unsur strategi yaitu: Visi, Tujuan, sasaran, pertimbangan organisasi, konstituen, kawan dan lawan, taktik serta jadwal waktu.
b)  The Democtracy centre, merekomendasikan sembilan langkah kampanye dengan menjawab beberapa pertanyaan yang sederhana, dan itulah stategi kampanye yang dapat kita lakukan.
·         apa yang kita ingin buat ( what do we want? ) > goals
·         siapa yang dapat memberikan sesuatu kepada kita ( who can give it to us? ) > audiences
·         apa yang mereka perlu dengar ( what do they need to hear? ) > messages
·         siapa yang mereka perlu dengar ( who do they need to hear? ) > messengers
·         bagaiman kita bisa membuat mereka bisa mendengar ( how do we get them ti hear it? ) > Delivery
·         apa saja yang kita dapat lakukan ( what have we got? ) > resources; strengths
·         apa saja yang perlu kita kembangkan ( what do we need to develop?) > challenges; gaps
·         bagaimana kita mulai ( how do we begin? ) > first steps
·         bagaimana kita tahu kita sedang melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu ( how will we know its working, or not working? ) evaluation
3.    Model SMART
Ø  Specific
Ikutilah dua pertanyaan berikut ini; orang cenderung mendukung kegiatan yang spesifik dan aktual.
a.    Menetapkan tujuan kampaye yang bernilai bagi kemanusiaan.
b.    Menyebutkan nama kampanye sehingga langsung mendapat dukungan.
Ø  Mesurable
a.    Ambisi
b.    Mengidentifikasi dukungan
Ø  Achievable
a.    Menetapkan tempat sehingga mencari komitmen
b.    Tempat dan waktu
Ø  Resourced
a.    Belum tegas memutuskan sumber daya pelancar kampanye
b.    Jelas dan tegas memutuskan
Ø  Time bound
a.    Meberikan motivasi
b.    Jelas dan tegas menetapkan batas waktu
 Pengertian Propaganda
Pada tahun 1934 Harold D.D Lasswell mendefinisikan propaganda dalam suatu kesadaran yang paling luas seperti suatu teknik atau manipulasi penyajian pesan yertentu yang mempengaruhi tindakan manusia ( Lasswell, 1995 ) ini merupakan definisi ketiga dari Lasswell saat terjadinya PD II.jadi jika di lihat pada separuh dari abad ke 20 maka tidak banyak orang yang setuju jika propaganda di artikan sebagai pembentukkan tindakan melalui teknik-teknik tertentu karena di saat itu propaganda hanya di artikan hanya sebagai teknik untuk mempengaruhi orang- orang.
Karakteristik Utama Propaganda
Ada beberapa karakteristik utama dari propaganda yaitu :
a)    Pernyataan bohong
b)   Strategi selektif
c)    Peryataan berlebihan
d)   Eksplisit atau implisit?
Tujuan Propaganda
*        Mempengaruhi opini publik
*        Memanipulasi emosi
*        Menggalang dukungan atau penolakan
Sasaran Propaganda
v  Memobilisasi kebencian terhadap musuh
v  Mempertahankan persahabatan dan sekutu
v  Membangun kerja sama dengan sekutu
v  Menakut-nakuti musuh
Bagaimana Kerja Propaganda?
ü  Mengubah simpati
ü  Penyederhanaan dan perulangan
ü  Manipulasi simbol
ü  Histori dan kerahasiaan
ü  Penipuan
ü  Sensor
Siapa Pengguna Propaganda?
§  Pemerintah
§  Organisasi
§  Bisnis

Tipe Utama Propaganda
Semua propaganda dapat di golongkan dalam dua kelompok, yang spontan dan di buat-buat. Propaganda yang spontan di temukan dimana-mana ketika orang bicara tentang prestasi dan keberhasialn mereka, mereka tidak merancang pidato (panjang atau pendek ) untuk menyampaikan informasi ini kepada orang lain. Sebalikx, ketika seseorang lulusan memenagkan hadiah undian atau mendapat kehormatan khusus, maka dia secara otomatis dan antisias menginformasikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan itu.yang terakhir ini merupakan iklan spontan.
Propaganda yang di buat-buat ( contrived propaganda),  adalah propaganda yang di rencanakan dan di laksanakan dengan hati-hati. Jenis propaganda ini di bagi lagi dalam dua jenis, yaitu: propaganda informatif, bertujuan untuk membawa fakta-fakta kepada orang-orang dan mengharapkan mereka untuk menanggapi sesuatu secara positif; dan propaganda manipulatif, bertujuan untuk mengendalikan atau sekurang-kurangnya mengarahkan perilaku orang lain kearah yang di kehendaki oleh propagandis.
Kategori Propaganda
Sekurang-kurangnya kita dapat menyusun beberapa kategori propaganda sebagai berikut :
o   Terselubung dalam iklan
o   Menggunakan Term yang sama
o   Term yang berakar pada agama
o   Propaganda sebagai senjata perang
Jenis- Jenis Propaganda
Ada empat jenis propaganda:
*      Propaganda melalui kata-kata tertulis (the written word)
*      Propaganda melalui kata yang di ucapkan ( the spoken word )
*      Propaganda melalui pawai massa ( mass marches )
*      Propaganda melalui pertemuan budaya ( cultural gatherings )
Teknik- Teknik Propaganda
Dalam praktek propaganda di temukan ratusan metode untuk  menyebarluaskan ide- ide dan pikiran yang di kontrol oleh propagandis, tetapi pada akhirnya teknik itu secara kasar dapat di golongkan menjadi beberapa kategori yang tumpang- tindih.berikut di kemukakan beberapa teknik utama. Yaitu :
ü  Takut nama baik tercemar
ü  Mengembalikan nama baik
ü  Daya tarik pada kewenangan manusia
ü  Daya tarik persuasi dari individu
ü  Pesona pada efek pesan
ü  The bandwagon
ü  Card- stacking
ü  Titillation and teasing

Tugas Review
KOMUNIKASI
“ SERBA ADA SERBA MAKNA “
oleh Prof. Dr. Alo Liliweri, M.S.


 










Oleh :
Irma Rifdawati T
( B 501 10 094 )


Program Studi komunikasi
Jurusan Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik
Universitas Tadulako
2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar