Pengertian
Kampanye
Apa yang di maksud dengan kampanye
adalah :
1.
Secara
etimologis “ kampanye ” berasal dari bahasa perancis campagne yang di duga terambil dari bahasa Italia Champagne – yang berarti lapangan,
operasi militer- itupun terambil dari bahasa Latin Champagne yang di turunkan di daerah sekitar Napoli berarti
terbuka, medan perang, atau lapangan, yang dalam perkembangannya bermakna :
a)
Serangkaian
operasi militer yang membentuk satu fase tersendiri dari suatu perang.
b)
Suatu
operasi yang di rancang untuk menghasilkan sesuatu yang mudah di tentukan.
Sinonim dari kampanye adalah, Crusade,
Drive, push (mendorong). (merriam- webster-corporated)
2.
Kampanye
dapat di artikan sebagai sejumlah operasi militer untuk melengkapi suatu
operasi yang lebih besar yang bertujuan untuk mencapai cita-cita tertentu yang
biasanya di batasi oleh waktu atau wilayah geografis tertentu.
3.
Kampanye
adalah perlombaan diantara para kandidat untuk merebut suatu jabatan, misalnya
kampanye untuk menjadi gubernur, Bupati, dan kepala Desa.
Tujuan
Kampanye :
Kampanye merupakan kegiatan komunikasi
publik yang dilakukan secara berencana yang bertujuan untuk :
1.
Memobilisasi
dan melibatkan orang-oranguntuk terlibat dalam menyebarluaskan informasi
teretulis melalui media atau media tidak tertulis (langsung dengan publik)
untuk mencegah dan memdorong sikap individu atau publik untuk melakukan dfan
tidak melakukan suatu tindakan tertentu demi
kesejahteraan individu maupun publik pada umumnya.
2.
Memberikan
tekanan kepada para pemegang kekuasaan atau kemenagan dari para pembuat
keputusan (pressurising decision makers)
untuk mencari solusi yang bermanfaat bagi kesejahteraan individu atau publik
pada umumnya.
3.
Menginformasikan
dan memberikan pendudukan kepada individu atau publik.
4.
Melakukan
perubahan terhadap perilaku dan sikap demi kesejahteraan hidup.
5.
Mempersuasi
orang-orang utuk mengerti, memahami, dan melakukan suatu tindakan tertentu.
Strategi
Kampanye
1.
Strategi
umum
a)
Analisis
masalah
b)
Tujuan
dan sasaran
c)
Stakeholders
d)
Pesan
e)
Taktik
f)
Siapa
pengirim pesan
g)
Sumberdaya
h)
Assessment
2.
Model
The Midwest Academy dan The democtracy Centre
a) The
Midwest Academym, mengusulkan perencanaan kampanye yang
sederhana yang di tampilkan dalam bentuk tabel dan kolomyang harus di isi
dengan unsur-unsur strategi yaitu: Visi, Tujuan, sasaran, pertimbangan
organisasi, konstituen, kawan dan lawan, taktik serta jadwal waktu.
b) The
Democtracy centre, merekomendasikan
sembilan langkah kampanye dengan menjawab beberapa pertanyaan yang sederhana,
dan itulah stategi kampanye yang dapat kita lakukan.
·
apa
yang kita ingin buat ( what do we want? ) > goals
·
siapa
yang dapat memberikan sesuatu kepada kita ( who can give it to us? ) > audiences
·
apa
yang mereka perlu dengar ( what do they need to hear? ) > messages
·
siapa
yang mereka perlu dengar ( who do they need to hear? ) > messengers
·
bagaiman
kita bisa membuat mereka bisa mendengar ( how do we get them ti hear it? ) >
Delivery
·
apa
saja yang kita dapat lakukan ( what have we got? ) > resources; strengths
·
apa
saja yang perlu kita kembangkan ( what do we need to develop?) > challenges; gaps
·
bagaimana
kita mulai ( how do we begin? ) > first
steps
·
bagaimana
kita tahu kita sedang melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu ( how will
we know its working, or not working? ) evaluation
3.
Model
SMART
Ø Specific
Ikutilah
dua pertanyaan berikut ini; orang cenderung mendukung kegiatan yang spesifik
dan aktual.
a.
Menetapkan
tujuan kampaye yang bernilai bagi kemanusiaan.
b.
Menyebutkan
nama kampanye sehingga langsung mendapat dukungan.
Ø Mesurable
a.
Ambisi
b.
Mengidentifikasi
dukungan
Ø Achievable
a.
Menetapkan
tempat sehingga mencari komitmen
b.
Tempat
dan waktu
Ø Resourced
a.
Belum
tegas memutuskan sumber daya pelancar kampanye
b.
Jelas
dan tegas memutuskan
Ø Time bound
a.
Meberikan
motivasi
b.
Jelas
dan tegas menetapkan batas waktu
Pengertian Propaganda
Pada tahun 1934 Harold D.D Lasswell mendefinisikan
propaganda dalam suatu kesadaran yang paling luas seperti suatu teknik atau
manipulasi penyajian pesan yertentu yang mempengaruhi tindakan manusia (
Lasswell, 1995 ) ini merupakan definisi ketiga dari Lasswell saat terjadinya PD
II.jadi jika di lihat pada separuh dari abad ke 20 maka tidak banyak orang yang
setuju jika propaganda di artikan sebagai pembentukkan tindakan melalui
teknik-teknik tertentu karena di saat itu propaganda hanya di artikan hanya
sebagai teknik untuk mempengaruhi orang- orang.
Karakteristik
Utama Propaganda
Ada beberapa karakteristik utama dari
propaganda yaitu :
a)
Pernyataan
bohong
b)
Strategi
selektif
c)
Peryataan
berlebihan
d)
Eksplisit
atau implisit?
Tujuan
Propaganda
*
Mempengaruhi
opini publik
*
Memanipulasi
emosi
*
Menggalang
dukungan atau penolakan
Sasaran
Propaganda
v Memobilisasi kebencian terhadap musuh
v Mempertahankan persahabatan dan sekutu
v Membangun kerja sama dengan sekutu
v Menakut-nakuti musuh
Bagaimana
Kerja Propaganda?
ü Mengubah simpati
ü Penyederhanaan dan perulangan
ü Manipulasi simbol
ü Histori dan kerahasiaan
ü Penipuan
ü Sensor
Siapa
Pengguna Propaganda?
§ Pemerintah
§ Organisasi
§ Bisnis
Tipe
Utama Propaganda
Semua propaganda dapat di golongkan
dalam dua kelompok, yang spontan dan di buat-buat. Propaganda yang spontan di
temukan dimana-mana ketika orang bicara tentang prestasi dan keberhasialn
mereka, mereka tidak merancang pidato (panjang atau pendek ) untuk menyampaikan
informasi ini kepada orang lain. Sebalikx, ketika seseorang lulusan memenagkan
hadiah undian atau mendapat kehormatan khusus, maka dia secara otomatis dan
antisias menginformasikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan itu.yang
terakhir ini merupakan iklan spontan.
Propaganda yang di buat-buat ( contrived propaganda), adalah propaganda yang di rencanakan dan di
laksanakan dengan hati-hati. Jenis propaganda ini di bagi lagi dalam dua jenis,
yaitu: propaganda informatif, bertujuan untuk membawa fakta-fakta kepada
orang-orang dan mengharapkan mereka untuk menanggapi sesuatu secara positif;
dan propaganda manipulatif, bertujuan untuk mengendalikan atau
sekurang-kurangnya mengarahkan perilaku orang lain kearah yang di kehendaki
oleh propagandis.
Kategori
Propaganda
Sekurang-kurangnya kita dapat menyusun
beberapa kategori propaganda sebagai berikut :
o Terselubung dalam iklan
o Menggunakan Term yang sama
o Term yang berakar pada agama
o Propaganda sebagai senjata perang
Jenis-
Jenis Propaganda
Ada empat jenis propaganda:
Propaganda
melalui kata-kata tertulis (the written
word)
Propaganda
melalui kata yang di ucapkan ( the spoken
word )
Propaganda
melalui pawai massa ( mass marches )
Propaganda
melalui pertemuan budaya ( cultural
gatherings )
Teknik-
Teknik Propaganda
Dalam praktek propaganda di temukan
ratusan metode untuk menyebarluaskan
ide- ide dan pikiran yang di kontrol oleh propagandis, tetapi pada akhirnya
teknik itu secara kasar dapat di golongkan menjadi beberapa kategori yang
tumpang- tindih.berikut di kemukakan beberapa teknik utama. Yaitu :
ü Takut nama baik tercemar
ü Mengembalikan nama baik
ü Daya tarik pada kewenangan manusia
ü Daya tarik persuasi dari individu
ü Pesona pada efek pesan
ü The bandwagon
ü Card- stacking
ü Titillation and teasing
Tugas Review
KOMUNIKASI
“ SERBA ADA SERBA MAKNA “
oleh Prof. Dr. Alo Liliweri, M.S.
Oleh :
Irma Rifdawati T
( B 501 10 094 )
Program Studi komunikasi
Jurusan Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik
Universitas Tadulako
2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar